Kucing Makan Buah Apakah Boleh? Cek Penjelasan Berikut

kucing makan buah

Sebagai seseorang yang telah lama merawat berbagai jenis hewan peliharaan, saya sering mendapati pertanyaan tentang apakah kucing makan buah itu boleh?

Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya membutuhkan pemahaman mendalam tentang biologi dan kebiasaan makan kucing.

Apalagi kalau yang sudah menjadi pengetahuan umum, kucing ini sebenarnya hewan karnivora atau pemakan daging.

Cuma setelah mendapatkan perlakuan istimewa dan menjadi peliharaan favorit manusia, banyak diantara mereka yang akhirnya malah produk tumbuhan.

Lantas sebenarnya bagaimana?

Apakah Kucing Boleh Makan Buah?

kucing makan buah

Salah satu mitos yang sering beredar adalah bahwa anabul tidak boleh memakan buah sama sekali. Namun, seperti halnya dengan manusia, sebenarnya kucing makan buah itu boleh asalkan gak banyak.

Sebagai hewan karnivora, kucing secara alami cenderung lebih memilih daging sebagai sumber utama nutrisi mereka.

Meskipun demikian, buah-buahan tertentu dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam menu kucing dengan.

Baca juga: Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi dengan Mudah & Praktis

Asalkan selalu memperhatikan porsi yang tepat dan jenis buah yang aman.

Dan tak lupa, hanya jadikan ini sebagai tambahan saja. Sementara makanan utamanya tetaplah produk daging ataupun cat food lain yang biasa Anda berikan.

Ok kakak?

Manfaat Buah untuk Kucing

Sebagian besar buah-buahan kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi kucing.

Serat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah masalah sembelit, sedangkan vitamin dan antioksidan mendukung sistem kekebalan tubuh kucing dan menjaga kesehatan umumnya.

Baca juga: Kuning Telur Untuk Kucing, Direbus Atau Mentah? Cek penjelasannya

Jadi yang jelas ini akan memberikan dampak yang positif bagi mereka. Hanya saja manfaat yang bakal anabul dapatkan tergantung dari buah apa yang kucing makan.

Namun, penting untuk diingat bahwa buah-buahan hanya boleh Anda berikan kepada kucing sebagai camilan atau sebagai bagian kecil dari menu mereka.

Ini perlu kamu ingat terus sampai kapanpun. Karena sejatinya anabul adalah hewan karnivora. Cuma memang makin kesini pencernaannya sudah terbiasa memakan produk nabati.

Contohnya pada dryfood sendiri. Komposisinya juga banyak yang terbuat dari produk tumbuhan kan?

Daftar Buah Yang Boleh Untuk Kucing

Nah setelah Anda mengetahui tentang apakah kucing makan buah itu boleh apa enggak. Maka kini juga harus paham akan daftar buah apa saja yang boleh mereka makan.

Baca juga: 5+ Rekomendasi Vitamin Bulu Kucing Yang Bagus & Populer Terbaru

Sebab sejatinya tidak semua buah bisa kucing konsumsi. Jadi silahkan lihat dahulu daftarnya.

  1. Apel: Buah yang kaya akan serat dan vitamin C ini bisa menjadi camilan yang segar bagi kucing. Pastikan untuk menghilangkan biji dan inti yang mengandung senyawa yang berpotensi beracun bagi kucing.
  2. Pepaya: Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu dalam pencernaan protein. Namun, berikanlah dalam jumlah kecil karena enzim papain dapat menyebabkan iritasi pada lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.
  3. Pisang: Pisang adalah sumber potasium dan serat yang baik. Potong pisang menjadi potongan kecil dan berikan secara terbatas untuk menghindari risiko gangguan pencernaan.
  4. Buah Beri: Buah beri seperti blueberry, raspberry, dan strawberry mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kucing. Berikan dalam jumlah sedikit sebagai camilan sesekali.

Ya kira kira gitu aja sih. Intinya sih walaupun anabul sering terlihat aman aman saja. Tetap penting untuk tahu soal makanan apa yang layak dan tidak layak buat anabul. Termasuk kasus kucing makan buah. Ok kakak?

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *