Daftar Harga Vaksin Kucing Umur 1 Tahun Terbaru 2024

harga vaksin kucing umur 1 tahun

Bagi kamu pemilik kitten yang masih kecil dan sedang mencari harga vaksin kucing umur 1 tahun. Ada baiknya kamu menyimak ulasan dari kami berikut ini.

Karena pada kesempatan ini, vaksinperak ingin membahas mengenai daftar harga vaksi dari umur 0 bulan sampai dengan 12 bulan.

Jadi nanti silahkan baca dan pahami untuk mempertimbangkan apakah ingin menjalankan proses vaksin atau tidak.

Harga Vaksin Kucing Umur 1 Tahun

Harga vaksin kucing umur 1 tahun antara Rp360.000 – Rp600.000 yang terbagi dalam 3 tahapan. Yang mana masing masing tahapan vaksin kucing memiliki tariff yang berbeda beda.

Baca juga: Jadwal Vaksin Kucing Yang Benar & Tepat Terbaru

Dan terkait perbedaan itu, selain karena jenis vaksin, ternyata tempat klinik hewan, puskeswan, maupun di tempat praktik dokter juga turut membedakan harga.

Berbicara mengenai vaksinasi, kita tahu bahwa vaksin untuk kucing sangat direkomendasikan untuk dilakukan.

Untuk itu, karena pentingnya vaksinasi pada anabul, kamu pun perlu mempersiapkan budget untuk pergi ke dokter hewan.

Sebelum mempersiapkan budget kamu, alangkah baiknya jika kamu menyimak ulasan dari kami tentang harga vaksin kucing berikut ini:

1. Umur 2 sampai 3 bulan: Rp80.000 – Rp250.000

Bagi kamu yang belum tahu, vaksin kucing pertama yang diberikan adalah ketika anabul berumur 2 – 3 bulan yaitu ketika ia sudah mulai berhenti menyusui induknya.

Pada umur tersebut sistem kekebalan tubuh kucing sudah mulai bagus, sehingga bisa untuk kamu berikan vaksin dosis pertama.

Baca juga: 4 Manfaat Vaksin Kucing Yang Perlu Kamu Ketahui Terbaru

Dan Vaksin pertama yang bisa kalian berikan adalah vaksin tricat atau F3. Gunanya untuk mencegah anabul terserang penyakit menular berbahaya.

Beberapa penyakit yang dapat kamu cegah dengan vaksin tricat adalah panleukopenia, calicivirus, dan rhinotracheitis.

Pada umumnya harga vaksin tricat untuk kucing berumur 2 – 3 bulan berkisar antara Rp80.000 sampai dengan Rp250.000.

Harga vaksin kucing umur 1 tahun jenis tricat ini mungkin akan berbeda-beda tergantung dari kebijakan klinik atau dokter hewan yang menangani.

2. Umur 3 – 4 tahun: Rp180.000 – Rp210.000

Pemberian vaksin dosis kedua adalah pada umur 3 – 4 tahun.

Sebagai informasi tambahan, kucing yang kamu beri vaksin dosis pertama di umur 2 – 3 tahun membutuhkan waktu beberapa hari untuk beradaptasi dengan tubuhnya.

Baca juga: Berapa Kali Vaksin Kucing Diberikan Tiap Tahun?

Setelah kucing sudah dapat beradaptasi dengan baik, maka terhitung satu bulan dari hari itu dosis kedua bisa kalian berikan lagi, yaitu ketika berumur 3 – 4 tahun.

Jenis vaksin dosis kedua yaitu vaksin tetracat atau F4 yang berfungsi untuk menguatkan kembali vaksin dosis pertama.

Harga vaksin kucing umur 1 tahun tetracat dosis kedua ini berkisar Rp180.000 sampai dengan Rp210.000.

Pada beberapa kesempatan dokter juga bisa merekomendasikan dosis vaksin kedua dengan memberikan vaksin tricat.

Dosis kedua vaksin Tricat akan sedikit lebih mahal jika kau bandingkan dengan yang pertama, yaitu berkisar Rp170.000 sampai dengan Rp250.000.

3. Umur 1 Tahun:  Rp100.000-an

Harga vaksin kucing umur 1 tahun untuk jenis rabies adalah Rp50.000 – Rp100.000, dan bisa lebih tergantung dari tempat Anda menyuntikan obat tersebut.

Jadi secara umum, vaksin wajib kalian berikan pada 1 tahun pertama sebanyak tiga kali. Sehingga total harga vaksin kucing umur 1 tahun antara Rp360.000 – Rp600.000.

Mahal atau tidaknya, tergantung dari dokter hewan yang kalian kunjungi untuk melakukan suntik vaksinnya.

Oh ya, tadi kan saya bilang vaksin sebaiknya lakukan sebanyak 3x dalam setahun.

Nah bagi yang tidak tahu umur anabulmu yang mungkin karena lupa atau karena kamu adopsi saat ia sudah besar, maka tidak ada salahnya untuk tetap memberikan vaksin.

Konsultasikan pemberian vaksin untuk yang satu ini dengan dokter hewan agar ia dapat memperkirakan umur dan jenis vaksin yang tepat.

Berdasarkan informasi yang kami dapat jika umur kucing sudah 6 bulan dan ia belum divaksin, maka harga vaksin yang dipatok akan sedikit berbeda.

Sedangkan jenis vaksin yang digunakan dapat berupa vaksin tricat atau tetracat namun dengan kisaran harga yang berbeda.

Untuk jenis vaksin tricat dipatok harga kisaran Rp100.000 sampai dengan Rp250.000. Sedangkan jenis vaksin tetracat berkisar Rp180.000 sampai dengan Rp210.000.

Meskipun jenis vaksin yang kucing terima adalah sama, namun perbedaan harga tersebut sangat bergantung pada dosis atau takaran yang mereka gunakan.

Baca juga: 5 Ciri Ciri Kucing Sudah Divaksin Yang Benar Terbaru

Kucing berumur 6 bulan atau lebih mampu menerima dosis atau takaran yang lebih banyak ketimbang anak kucing berumur 2 – 3 bulan.

4. Lebih dari 1 tahun: Rp50.000 – Rp200.000

Kucing yang memiliki umur lebih dari 1 tahun bisa menerima vaksin booster dan vaksin rabies.

Perlu Anda ketahui, vaksin rabies bisa saja kucing terima pada umur 6 bulan. Namun umumnya vaksin ini dokter anjurkan ketika anabul berumur 12 bulan bersamaan dengan vaksin booster.

Vaksin booster dan vaksin rabies diberikan untuk anabul yang sudah pernah menerima dua kali suntik vaksin di tahun pertamanya.

Kedua jenis vaksin ini diberikan satu tahun sekali dengan hitungan 12 bulan setelah pemberian vaksin terakhir untuk anabul yang sering keluar rumah.

Sedangkan untuk anabul yang jarang berinteraksi dengan hewan lain atau seringnya di rumah saja, maka pemberian vaksin booster dan vaksin rabies bisa 1 – 3 tahun sekali saja.

Tentunya hal ini dapat kamu konsultasikan lebih lanjut dengan dokter hewan kamu ya.

Nah untuk harga vaksin rabies berkisar antara Rp50.000 sampai dengan Rp100.000. Sedangkan harga vaksin booster berkisar Rp100.000 sampai dengan Rp200.000.

Sekian artikel tentang harga vaksin kucing umur 1 tahun yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *